Apakah ngeblog itu perlu?

Sebuah pertanyaan, yang pernah terbesit di hati saya, dan mungkin pernah juga terngiang di hati anda semua. Yach, menarik memang. Bila kita bicara tentang blog, berarti kita bicara tentang internet. Dewasa ini, internet boleh dikatakan kebutuhan primer, apalagi untuk kalangan mahasiswa, yang tiap hari berkelut dengan tugas dan tugas, yang tiada mungkin semuanya dikerjakan sendiri, maka.. pelariannya ke internet. Budaya copy paste seakan sudah menjadi kebiasaan bahkan kebutuhan. Lebih dari itu, pengguna internet yang sudah mahir, cenderung memanfaatkan internet untuk mendulang dolar, dengan segala kreatifitasnya dengan semua triknya agar bisa mendapatkan dolar sebanyak-banyaknya.

Nah, dengan sekilas kalimat di atas, kita sudah bisa menjawab pertanyaan "Apakah ngeblog itu perlu?". Dalam hal ini saya bisa menjawab

ya, ngeblog itu perlu, karena dengan blog kita bisa berinteraksi dengan sesama blogger, saling bertukar informasi, bertukar pikiran, opini, bahkan bisa langsung chatting menanyakan permasalahan yang kita hadapi, tanpa harus melalui forum-forum yang mungkin harus menunggu jawabannya 1 atau 2 hari lagi. Dalam blog juga diberikan kemudahan untuk mendapatkan dolar melalui program-program iklan yang ditawarkan oleh pihak penyelenggara blog. Ini terbukti, coba kita lihat blog yang memberikan tips dan trik dalam pembuatan blog, kita akan melihat para blogger baru di sana, yang selalu mengikuti dan mencari informasi tentang cara pembuatan blog, modifikasi blog. Bahkan, boleh dikatakan hampir tiap blog yang bermunculan selalu menyisipkan artikel tentang tips-trik pembuatan blog. Kita juga bisa melihat di kotak pesan, selalu saja isinya menanyakan tentang pembuatan blog.

Nah, dari uraian tadi, akan muncul satu pertanyaan lagi.
Apakah tujuan kita ngeblog?

Apakah hanya untuk curhat belaka, karena kita cenderung lebih bercerita dengan tulisan, daripada berbicara dengan orang lain? Apakah untuk menampung kreatifitas kita agar lebih berprestasi? Ato apakah hanya untuk mendulang sekian dolar agar masuk ke kantong kita? Apakah hanya iseng mengisi waktu luang? Ato bahkan anda ingin mempromosikan diri anda melalui blog untuk meraih tujuan tertentu?

Ok, anda yang lebih tahu jawabannya dan tiap orang pasti akan mempunyai tujuan yang berbeda-beda pula. Yang jelas, apapun tujuan kita, usahakan sesuatu yang kita buat di blog itu dapat diambil manfaatnya oleh orang yang kebetulan membaca atau mengaksesnya.


Apabila anda pemula, ingin membuat blog, mencari tahu tentang blog, beli buku cara buat blog, download sana sini tapi masih saja ada yang kurang, atau boleh dikatakan ada kegagalan...
Jangan pernah putus asa. Ubahlah presepsi tentang kegagalan. Kegagalan bukan sebuah momok menakutkan. Anda pun bisa mengatakan kegagalan adalah keberhasilan , misal : anda ingin membuat sesuatu dengan cara tertentu, tapi ternyata gagal, jangan berkata :"wah, aku gagal", tapi berkatalah :" hore, saya berhasil menemukan, bahwa cara yang saya gunakan tadi adalah salah". Bila anda bisa seperti itu, yakinlah anda akan menemukan dan terus menemukan cara untuk menuju keberhasilan. Cobalah tengok sejarah, pembuat bola Lampu (Thomas Alfa Edison), beliau bahkan baru bisa menemukan bola lampu dengan 1000 kali percobaan, Luar biasa..!!

Sedikit cerita, sebenarnya saya pribadi sudah tau sejak lama tentang blog, tapi karena belum ada niatan yang serius untuk ngeblog, ya... dari dulupun belum punya blog. Saat ini, setelah saya kuliah di akhir semester baru tergerak untuk serius masuk ke dunia maya, tentunya melalui blogging. Apakah terlambat? secara rumus matematika memang iya, tapi tiada kata terlambat untuk suatu kebaikan.

Melalui tulisan ini, saya berpesan kepada anda-anda yang duduk di bangku kuliah, khususnya yang baru semester-semester awal, segeralah buat blog!! . Buatlah blog sesuai dengan jurusan kuliah yang anda ambil. Bila anda jurusan grafis (kayak saya,hehe..) buat blog tentang grafis, bila anda jurusan elektro, buat blog tentang elektro. Bila anda jurusan Hukum, buat blog tentang hukum, begitu seterusnya. Masukkanlah materi kuliah, tugas kuliah, ato bahkan tulisan kamu yang berkaitan dengan mata kuliah tersebut. Terus dan teruslah menulis, hingga ketika anda lulus 3 atau 4 tahun lagi, dan anda sudah menjadi seorang sarjana, anda sudah mempunyai blog dengan jumlah tulisan yang mungkin puluhan bahkan ratusan judul tentang kemampuan anda dan jurusan anda kuliah. Bahkan tidak maenutup kemungkinan ketika anda lulus, anda sudah mempunyai tulisan melebihi dari jumlah tulisan dosen anda. Anda sudah mempunyai bahan kuliah, melebihi bahan kuliah yang ada di arsip jaringan kampus anda. Tentunya manfaatnya akan sangat luar biasa besar sekali.

Dan, ketika anda melamar perkerjaan di suatu instansi, sertakanlah alamat blog dalam CV anda, niscaya dengan hitungan matematika pun kemungkinan anda diterima akan sangat besar, mendekati 100%.

Anda percaya?
Share on Google Plus

About Muhammad Sholikhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 comments:

  1. :D pinter juga bercerita, tapi menarik untuk dibaca... keep blogging and keep sharing.

    Go Blog!!!! (Ayooo Ngeblog........)
    iya nich... ngomong2 ngeblog tujuannya campur2, akhirnya buat blog aja yg banyk, 1 blog untuk education, 1 blog lagi untuk bisnis http://bisnis.mr-mung.com , 1 blog lagi untuk layanan masyarakat termasuk disini kalau mau pasang iklan tentang blog ini, dan sekali pasang langsung terpasang di 7 blogku scr otomatis bisa kunjungi ini http://i.mr-mung.com lumayan membantu trafik lho... :D

    ReplyDelete
  2. salam kenal ya... kayaknya saya akan sering mampir buat belajar disini... good luck!

    ReplyDelete
  3. Yang jelas ngeblog itu adalah hal yang positif, tapi tergantung sama motivasinya juga mas. Motivasi setiap orang kan beda-beda. Misalnya aja ada orang yg ngeblog hanya sekedar ngisi waktu luang, atau pengen punya komunitas, atau jadi seleb blog, atau pengen cari duit hehehe
    Yang jelas kita bisa banyak belajar dari ngeblog.

    ReplyDelete
  4. yg pasti tujuannya banyak...
    cnthnya saya. dulu saya pernah nanya ma adik saya. ngapain sih ngblog? eh taunya sekarang sya kecanduan....

    hahaha

    jd curhat...

    btw emoticonnya berfungsi ga?

    ReplyDelete
  5. ngeblog?
    ya tergantung kebutuhan setiap orang kan berbeda...
    selama ngeblog dilakukan sebagai hal yang positif, kenapa nggak?

    ReplyDelete
  6. semoga tambah umur,tambah manthab ya sob
    Salam


    yoyok

    ReplyDelete