Mengenal Kaligrafi (Arab)

Sebelum saya menulis ini, saya minta maaf pada para kaligrafer yang kebetulan membaca tulisan ini, saya bukan ahli kaligrafi, tapi saya sangat suka kaligrafi. Pada awalnya,saya belajar kaligrafi secara otodidak,saya tidak tahu betul akan kaedah kaligrafi, tetapi hanya bisa menirukan, ato lebih tepatnya menggambar kaligrafi. Namun, dulu sekitar sebelum tahun 2000 sempat juga menimba ilmu pada teman-teman kaligrafer dari kudus (tempat asal saya), dan pernah juga (walo sebentar saja) mengikuti kegiatan di Lembaga Kaligrafi Kudus. Namun, belum khatam satu jenis khot saja, saya sudah tidak pernah mengikuti kegiatan kaligrafi, karena harus merantau ke semarang. Nah, dalam hal ini, saya mencoba menampilkan kaligrafi dalam sisi desain grafisnya, bukan kaidahnya,karena saya sangat bodoh dalam kaidah kaligrafi. Insya Allah ke depan saya akan mencoba membuat kaligrafi dengan animasi 3dimensi. Sebelumnya, mari kita mengenal sedikit tentang jenis kaligrafi..

Di Indonesia, jenis kaligrafi (atau khot) yang paling sering digunakan ada 6, yaitu :
1. Khot Naskhi, biasanya digunakan untuk menulis naskhah Al-Quran, adapun bentuknya, kira-kira seperti ini :

2. Khot Tsulusi, hampir mirip khot naskhi, tetapi banyak fariasi lekukan, sehingga jenis khot ini paling sering digunakan dalam seni dekorasi. Kira-kira juga bentuknya seperti ini :

3. Khot Riq'ie, atau bisa disebut Khot Riq'ah, bentuknya simpel, tidak banyak fariasi, biasa digunakan untuk menulis terjemahan kitab kuning. Kurang lebih bentuknya seperti ini :

4. Khot Diwani, khot jenis ini sangat banyak fariasinya, engan ciri khas lekukan-lekukan yang bulat dan panjang. Khot jenis ini mungkin bagi orang awam akan sulit untuk membacanya.

5. Khot Farisi, paling unik diantara jenis khot yang lain, karena penulisannya cenderung miring ke kanan, dengan ciri khas "tebal tipis", jadi ada saat huruf itu ditulis tipis sekali, tapi ada juga satu saat ditulis sangat tebal

6. Khot Kufi, jenis ini juga paling mudah ditebak, karena bentuknya yang cenderung kotak-kotak, namun kaya akan fariasi huruf.

Nah, itu kiranya sedikit tentang jenis kaligrafi. Anda bisa memperhatikan perbedaan penulisan antara jenis satu dan yang lainnya. Ohya, sudah tahu bacaan yang saya tulis tadi kan? kalo belom, itu tadi bacanya ya... nama saya, hehe (narsis ya). Dalam perkembangannya, jenis khot tadi juga ada cabang-cabangnya, misal ada khot jenis Diwani jali, dan lain sebagainya.

Share on Google Plus

About Muhammad Sholikhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

16 comments:

  1. luarrr... biasa keren kang...

    ReplyDelete
  2. :-/ Aduh artikel islam nya benar-benar detail ya?

    Jadi malu.. selama ini saya cuman bisa design dan design, tapi ga tau apakah desain kaligrafi yang saya share ke teman-teman itu sudah benar..

    Mohon masukannya saja jika ada salah yaa mas...

    ReplyDelete
  3. Wah,Good Info Nech
    Gue Adi Merasa Sangat Terbantu :)

    ReplyDelete
  4. semoga tambah umur,tambah manthab ya sob
    Salam


    yoyok

    ReplyDelete
  5. tulisannya lumayan bagus,

    ReplyDelete
  6. hafiz alfarizy8/13/2009 10:40 AM

    Asslmlkm..?? mskipun kaidahnya kurang,.. tp udah lumayan kq mas,buat y belajar otodidak. & maaf, y mas tampilkan dekorasi itu, (halaman pertama)sebenernya bukan dekorasi melainkan Mushaf. dekorsi itu, terbagi dari, minimal 4 jenis khot, biasanya y di pakai Naskhi, Farisi, wajibnya Tsulus, & y terakhir khot kufi ato biasa d sebut khot balok. & syukron but ilmu photo shopnya ya mas..?? belajar teruss..!! klo ada kmauan, Insya Alloh pasti jd khottot.y perlu d inget,.. jngan lupa Kaidahnya,..Wsslam.

    ReplyDelete
  7. waalaikum salam mas hafiz alfarizy... anda tentunya seorang khottot.... ehm sebelumnya terimakasih atas saran2nya..

    sekali lagi maaf, emang dari segi kaidah.. tulisanku masih sangat amburadul banget.. tentang khot dekorasi, iya..aku juga belum paham khot dekorasi, belum pernah ikutan lomba juga, aku cuma buat berdasarkan karya dari teman2, gak tau dasar ilmunya, sekali lagi terimakasih atas saran2nya. Ohya, kok nggak ninggalin email sih... tolong ya, kalo mampir lagi ke sini, kita bisa komunikasi lewat email ato alamat url nya kalo ada, makasih

    wassalam

    ReplyDelete
  8. mau tahu tentang kaligrafi islam????mampir aja di www.aneh81.co.cc atau idhoes-mushaf.blogspot.com udah pasti yang ada disini puas....ga percaya mampir aja,,

    ReplyDelete
  9. aiu mengatakan.....
    asslm...
    syukron katsir kang....

    ReplyDelete
  10. abang...
    qo font arab di fotoshop aq g bisa y...bgaimn c' cranya..?????
    kl g ad sofware paling mudah g c' wt bikin kaligrapy...tolotng y bang..
    kirm k'fb sy y bang..
    genjoy ajah(fb)
    makasih y bang..

    ReplyDelete
  11. bagussssssss and ajibbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb

    ReplyDelete
  12. sak retiku wolu, ki kok enem tok......,

    ReplyDelete