Pererat Silaturahmi dengan Menghemat Listrik


Membaca judul di atas, tentunya kita bertanya-tanya, kok bisa ya menghemat listrik bisa mempererat silaturahmi? Ehm, hal tersebut bisa saja terjadi bila kita berada di kehidupan anak kos. Kenapa di kos? kehidupan di kos memang sangat berbeda dengan kehidupan di rumah sendiri. Banyak orang bilang, hidup di kos penuh perjuangan. Apalagi bagi anak kos yang lahir bukan dari kalangan berkecukupan. Yang merantau mencari penghidupan yang lebih layak, meninggalkan kampung halaman, diiringi tangis haru kedua orang tuanya. Dalam lingkungan kos biasanya terdiri dari beragam orang dengan beragam sifat dan kepribadiannya, yang berasal dari berbagai penjuru daerah, yang masing-masing masih sangat kental dengan budaya dari daerah masing-masing. Nah,salah satu permasalahan yang ada di kos adalah pengguanaan listrik yang berlebihan dalam waktu bersamaan yang menyebabkan listrik mati, atau anjlok atau dalam bahasa jawanya disebut "njegleg". Trus, gimana nih caranya untuk menghemat listrik?



Banyak sekali cara untuk bisa menghemat pengguanaan listrik, terutama di lingkungan kos. Saat ini, aku kos di sebuah kota yang merupakan ibukota dari jawa tengah, yaitu semarang. Tepatnya di Jl.Bendungan No.50 semarang, sebuah jalan di dekat kawasan Rumah Sakit Umum dr. Kariyadi Semarang. Kalau dilihat, memang sepintas kos-kosan aku seperti bangunan tua yang telah usang termakan usia, namun.. tak apalah, yang penting bisa buat tempat berteduh, dari panas dan hujan, dan yang lebih penting harganya sangat miring, pas untuk ukuran tebal dompetku,hehe. Satu kos terdapat 8 kamar, yang sebagian besar diisi oleh karyawan, yup memang sih..sebenarnya kos-kosan ini diperuntukkan bagi karyawan. Ada yang berasal dari kudus, yaitu aku sendiri, hehe, ada yang dari jepara, tegal, ungaran, kendal, dan juga ada yang dari semarang sendiri. Tak bisa dipungkiri, listrik kos aku yang hanya berkapasitas 900 VA tak akan cukup dipakai oleh 8 kamar sekaligus, apalagi masing-masing kamar ada yang bawa komputer, magic com, televisi, setrika dan alat elektronik lainnya dan menyalakannya secara bersamaan, hingga yang namanya listrik anjlok adalah hal yang biasa.

Lama-lama repot juga kalau harus diribetkan masalah listrik anjlok. Akhirnya suatu hari aku dan temen-temen ngumpul, musyawarah kecil-kecilan. " bro, gimana nih.. ada ide?" tanyaku ke andre " hmm..gimana ya, oh.. misal gini, diantara kita kan ada yang punya televisi, nah yang paling gedhe televisinya tu si anton, gimana kalo dibawah jam 10 malem nonton tivinya ngumpul aja tuh di tempat anton, selain bisa hemat listrik, bisa sambil ngobrol-ngobrol bareng..gimana?" "wah, aku sih setuju aja..asal.. jaga kebersihan kamarku ya.. bawa asbak sendiri-sendiri kalo ngerokok..!" jawab anton dengan nada serius.

Kemudian dari perbincangan yang mirip musyawarah itu, diputuskan beberapa hal, antara lain sebagai berikut:
  1. Nonton televisi di malam hari sebelum jam 10 malam ngumpul di kamar anton. apabila jam tersebut anton sedang pergi ke luar, bisa diganti ke kamar indra.
  2. Salah satu meja setrika di taruh di ruang tengah, dan harus menyetrika di ruang tengah, tidak boleh di dalam kamar, hingga kalau mau nyetrika bisa satu-satu, tidak berbarengan nyetrika di dalam kamar.
  3. Bagi yang membawa komputer diharapkan memakai komputer di atas jam 10 malam, kecuali bila ada keperluan mendesak.
Yach, itulah tiga poin yang utama yang dapat diputuskan, karena ketiga alat elektronik tersebut yang seringkali dipakai tiap hari dan banyak membutuhkan listrik. Untung aja di kos gak ada yang bawa kulkas atau ac, hehe.. kalo ada wuih... pasti pak kos akan selalu gembar-gembor tiap bulan. Gini aja tiap bulan seringnya pak kos mengeluh, karena bayar listriknya membengkak terus, mau naikin uang kos, takut pada kabur, hehe. Apalagi kayak aku, kadang bayar kos 2 bulan sekali, itupun di akhir bulan, maklum.. kemaren-kemaren aku kerja sambil kuliah, baru aja lulus akhir tahun 2009 kemarin. Tapi, sepertinya Pak Kos sangat baik hati, tidak pernah memarahi aku ketika aku terlambat membayar, karena aku adalah yang paling lama kos di sini, sudah hampir 3 tahun aku kos di sini atau tepatnya terhitung sejak bulan juli 2007 hingga sekarang bulan maret 2010.

Kembali ke permasalahan, itulah beberapa cara yang aku dan teman-teman lakukan untuk ikut menghemat penggunaan listrik, hingga tak pernah lagi kejadian listrik anjlok atau mati. Juga bisa membantu pak kos agar tidak terlalu membengkak tagihan listriknya. Dan, secara tidak langsung, bisa melatih kebersamaan antar teman kos, karena tiap hari bisa ngumpul bareng, saling curhat, saling bertukar pikiran baik urusan pribadi maupun urusan pekerjaan. Jadi ibarat pepatah mengatakan "sambil menyelam minum air", yang berarti, sambil menghemat listrik sambil silaturahmi mempererat hubungan antar teman kos. 

Selain daripada itu, dengan menghemat listrik, secara tidak langsung pula kita telah menanamkan sikap atau gaya hidup hijau. Yach, gaya hidup hijau adalah cara satu cara untuk mengurangi pemanasan global,yang saat ini sedang digembar-gemborkan dan dikampanyekan oleh berbagai kalangan, salah satunya oleh kumkum.dagdigdug.com bekerja sama dengan majalah greeners, majalah respect, Komunitas greeneration Indonesia, Earth Hour WWF-Indonesia dan Freetodecide.org. Ohya, anda juga bisa ikut berpartisipasi lho di acara kumkum dagdigdug.com yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-18 april 2010, atau untuk informasi lebih lengkapnya silahkan langsung menuju ke http://kumkum.dagdigdug.com.

Terakhir, mari kita tanamkan mulai dari diri pribadi kita sendiri untuk selalu bergaya hidup hijau dengan berbagai cara, yang salah satunya adalah dengan menghemat penggunaan listrik. Kalau tidak dari sekarang, trus mau kapan lagi? keburu pemanasan global merajalela. Dan bagi anda yang kebetulan senasib dengan aku, yaitu sebagai anak kos, silahkan mencoba mempraktekan cara-cara tersebut di atas, semoga bermanfaat dan selamat bergaya hidup hijau !
Share on Google Plus

About muhammad sholikhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar:

  1. Pinjem textnya yaa,buat dimasukin ke BLOG. . treeborn.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. @ aya Makarim.. boleh, tapi dimuatnya setelah tanggal 15 april ya.. soalnya text tersebut di atas adalah artikel lomba, pengumumannya tgl 15 april.. thank.. dan selamat bergaya hidup hijau :)

    ReplyDelete
  3. @ aya Makarim.. boleh, tapi dimuatnya setelah tanggal 15 april ya.. soalnya text tersebut di atas adalah artikel lomba, pengumumannya tgl 15 april.. thank.. dan selamat bergaya hidup hijau :)

    ReplyDelete
  4. ha...ha...nasiiib anaaak kooost...aku kenal kost mlh sejak SMP

    ReplyDelete
  5. memang lebih asyik jadinya apalagi ditemenin kopi sama pisgorrrrrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  6. hemat selalu...

    http://www.luth-fi.co.cc

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, mohon tidak menuliskan SARA