Apresiasi Seni Bangunan

Seni rupa terapan di Nusantara sangat beraneka ragam, baik dilihat dari bahan, alat, bentuk maupun coraknya. Keunikan yang terdapat pada seni rupa terapan daerah dapat berupa bahan untuk membuat karya atau teknik pembuatannya. Selain itu dapat juga dilihat dari corak atau bentuknya. contohnya adalah bentuk bangunan (arsitektur) rumah di setiap daerah Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Rumah adat di Indonesia mempunyai bentuk yang sangat beragam. Jika melihat bangunan rumah adat di Indonesia secara keseluruhan maka kita akan dapatmembedakan bangunan rumah adat tersebut berdasarkan atapnya, ragam hiasnya, bentuk, dan bahan bakunya. Misalnya, rumah Gadang di Padang bentuknya memanjang ke samping dan rumah adat Minahasa bentuknya memanjang ke belakang.
Rumah beratap joglo di Jawa, rumah beratap bubungan tinggi di Jambi, rumah beratap gonjong di Minangkabau, dan rumah beratap limas terpenggal di Papua. Bentuk rumah dengan tiang yang berkolong, atau yang biasa disebut rumah panggung terdapat di Kalimantan, Sumatra, dan Sulawesi.


Share on Google Plus

About Muhammad Sholikhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment