Apresiasi Seni Dekorasi

Dekorasi berasal dari kata dalam bahasa Inggris 'decorate' yang berarti menghiasi sedangkan "decoration" disebutkan dalam sumber yang sama berarti hiasan. Dari arti katanya, dapat diambil suatu pengertian bahwa dekorasi terkait dengan kegiatan hias-menghiasi atau suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperindah sesuatu. Pengertian dekorasi interior disebutkan sebagai interior decoration generally refers to something that deals with finishes,sutfaces, furniture, and wall coverings. Jadi, dekorasi interior secara umum terkait dengan suatu yang menyangkut finishing (pengecatan,pelapisan) , pengolahan permukaan ,penataan perabot dan pelapisan dinding.
Meskipun dekorasi adalah merupakan elemen kunci dari sebuah desain interior,akan tetapi tidak semata-mata memperhatikan interaksi dan kebiasaan manusia yang merupakan bidang kerjanya desainer interior.Meskipun keduanya (desain dan dekorasi interior) sama-sama menghasilkan keindahan, akan tetapi desain interior mengerjakan lebih dari itu,karena harus pula menghasilkan input berupa desain ruang yang bertitik tolak pada aspek fungsional, efisiensi dan leselamatan di dalam ruangan.
 Seni dekorasi adalah seni menghias (bahasa Inggris to decorate) yang berarti menghias. Sesuai dengan arti katanya maka seni dekorasi digunakan untuk menghias sesuatu agar tampak harmonis.


Contoh Seni Dekorasi 
1.      Seni Dekorasi Makanan
Seni dekorasi tidak hanya ada pada sebuah bangunan objek lainnya. Namun pada pada makanan ataupun minuman termasuk juga kedalam seni dekorasi ,yang dapat disebut sebagai seni dekorasi makanan.

2.      Seni Dekorasi di luar ruangan , yaitu sebuah ornamen taman

Seni dekorasi taman, biasanya berada di luar rumah, baik di depan maupun di belakang rumah. Dengan adanya dekorasi taman akan menambah keindahan rumah.

3.      Seni Dekorasi Dinding

Salah satu dari seni dekorasi dinding adalah seni lukis kaligrafi dinding, biasanya digunakan di rumah, musholla maupun di masjid.

4.      Seni Dekorasi Ruangan Dalam, seperti : ruang tamu, dapur, kamar dkk.

5.      Seni Dekorasi Panggung

Seni dekorasi panggung digunakan untuk berbagai macam event, baik itu ulang tahun, penikahan maupun acara-acara rapat atau pertemuan.



Share on Google Plus

About Muhammad Sholikhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment