Berkarya Seni Kriya Ukir


Seni ukir atau ukiran merupakan gambar hiasan dengan bagian-bagian cekung ( kruwikan ) dan bagian-bagian cembung ( buledan ) yang menyusun suatu gambar yang indah. Pengertian ini berkembang hingga dikenal sebagai seni ukir yang merupakan seni membentuk gambar pada kayu, batu, atau bahan-bahan lain. 

Seni ukir yang cukup terkenal di indonesia adalah seni ukir dari Jepara. Bahkan, ciri khas ukiran gaya Jepara yang terdapat di setiap mebel dari Jepara dan lebih unggul dari kualitas seni dengan yang dibuat oleh negara-negara lain seperti Vietnam. Ornamen – ornamen ukiran Jepara yang diterapkan pada mebel memberikan nilai tambah sehingga mebel Indonesia dapat bersaing di pasar internasional.

Berikut adalah langkah membuat ukiran sederhana :

1.      Putuskan apa ukuran gambar yang ingin Anda buat.
2.     Cetak pada selembar kertas ataupun gambar dengan menggunkan pensil motif atau pola apa yang akan anda buat.
3.      Tempelkan pada bidang kayu yang ingin anda ukir.
4.      Siapkan pahat yang akan anda pakai mengukir.
5.      Mulai dengan goresan goresan kecil mengikuti motif ukiran,

Berikut adalah beberapa teknik mengukir yang umum di gunakan :
Teknik Ukiran Kayu 
Ukiran kayu membuat  pembelajaran yang menarik menarik sebagai bentuk seni dan hobi yang aktif. Memakai alat-alat untuk chip, pahat dan mengukir kayu dan benda-benda jauh berbagai mode mungkin terdengar sederhana, tetapi melibatkan banyak detail yang rumit yang harus diperhatikan.

Teknik Chip-Ukiran
Mungkin metode yang paling kuno dan paling mudah untuk ukiran kayu ialah satu di mana chip diambil keluar dari blok kayu atau panel untuk menciptakan pola-pola untuk item dekorasi di sekitar rumah. Dalam teknik chip-ukiran, juga dikenal sebagai ukiran sendok, Anda memakai pisau untuk menghilangkan serpihan kayu kecil dari panel atau blok. Sebagian besar dikerjakan di butternut, pinus atau mahoni, ukiran chip yang melibatkan memanipulasi dua permukaan – wajah dari panel kayu atau blok dan memotong titik berpotongan di bawah permukaan kayu.


Teknik Ukir Putaran

Sebuah jenis tiga-dimensi dari ukiran kayu yang digunakan terutama oleh seniman dan pemahat berpengalaman dan telah ahli, teknik putaran menimbulkan berbagai pilihan objek dan bentuk patung-patung. Anda awalnya membuat tanah liat atau model lilin, maka kerangka kawat untuk pelengkap eksternal objek. Akhirnya, sebuah balok kayu adalah kunci untuk ini untuk mengukir potongan seni yang dihasilkan. Teknik ini membutuhkan hampir semua kayu-ukiran alat dan instrumen.


Teknik Ngerik

Dalam teknik mengerat kayu ukiran, bentuk cukup mudah dan seni populer, Anda mengukir desain dan bentuk pada baku kayu hanya memakai pisau, biasanya berbagai saku. Ini ialah hobi yang aktif bagi banyak orang dan telah menjadi untuk usia di seluruh dunia.

Share on Google Plus

About muhammad sholikhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, mohon tidak menuliskan SARA