Pesantren Ramadhan di Sekolah

Sebagai sekolah yang berbasis Islami, SMA NU Al Ma'ruf Kudus selalu menyelenggarakan kegiatan pesantren Ramadhan tiap bulan puasa. Kegiatan ini mengandung maksud melatih para siswa untuk meningkatkan religius mereka dengan didampingi oleh bapak/ibu guru.

Dimulai pagi hari selesai do'a awal belajar dilanjutkan dengan tadarus Al Quran selama kurang lebih 45 menit. Setelah selesai tadarus, siswa secara berjama'ah melakukan sholat dzuha di musholla, kemudian ada sesi ceramah agama atau tausiyah oleh bapak/ibu guru dengan dibagi dua sesi, sesi pertama dan kedua materinya berbeda dan berbeda pula pengampunya. Kegiatan terakhir yaitu sholat dzuhur berjama'ah kemudian diakhiri do'a penutup dan pulang.

Kegiatan pesantren ramadhan bagi siswa harus dilakukan sejak dini dan akan terus digelorakan secara berkelanjutan karena menjadi suatu langkah pendidikan yang strategis bagi siswa, orang tua dan sekolah. Pesantren ramadhan dianggap sebagai suatu investasi di dunia maupun di akhirat bagi siswa, orang tua maupun guru. Bagi siswa, melalui kegiatan pesantren ramadhan maka siswa akan dituntut belajar sejak dini mempelajari agama islam seperti membaca dan menghafal surat-surat Al Qur’an, berdoa, dan lain-lain. Bagi orang tua, melalui kegiatan pesantren kilat maka akan membantu mereka dalam mendidik anaknya membentuk karakter yang islami, menjadikan anak-anaknya menjadi anak yang shalih dan shalihah yang senantiasa mendoakan mereka. Bagi guru, melalui kegiatan pesantren ramadhan maka akan menjadi suatu kerja sosial (ibadah) yang akan mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT jika dilandasi dengan penuh keikhlasan.

Share on Google Plus

About muhammad sholikhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, mohon tidak menuliskan SARA