Batik Geometris dan Non Geometris



Pada dasarnya penggolongan motif batik  yang ada di indonesia di bagi menjadi dua macam yaitu batik motif geometris dan batik motif non geometris. Adapun pengertian dan contoh motifnya adalah sebagai berikut :

Motif geometris adalah motif batik dengan ornamen susunan geometris  dengan ciri khas berbentuk seperti  ilmu ukur biasa, seperti  segiempat  yang   panjang atau lingkaran, contoh:  Ganggang, Kawung , golongan Banji, Ceplok. Pada motif ini juga ada yang tersusun dalam garis miring, sehingga  bentuknya berbentuk belah  ketupat, seperti  contohnya:   golongan  parang dan udan liris

Motif Non Geometris merupakan jenis  motif batik dimana bentuk motifnya tidak teratur jika dilihat menurut geometris atau di buat secara acak .
        Pada Motif yang ada pada motif non geometris terdiri dari beberapa bentuk ornamen-ornamen  tumbuhan, Pohon  Hayat, Candi, Binatang, Meru,  Burung, Garuda, Ular dimana  dalam susunan tidak teratur Contoh: Buketan, Semen,  Terang Bulan.
Share on Google Plus

About Muhammad Sholikhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments: