Bahaya Menggunjing di Bulan Ramadhan

Alhamdulillah, saat ini kita semua masih diberi kenikmatan oleh Allah SWT, berupa nikmat sehat, nikmat iman, nikmat islam, sehingga kita masih diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah di bulan ramadhan ini. Dalam bulan Ramadhan ini, kita umat islam diwajibkan untuk berpuasa agar kita semua termasuk golongan orang-orang yang bertaqwa. Nah, apa sih sebenarnya puasa itu? Puasa tidak hanya menahan makan dan minum saja, melainkan juga menahan hawa nafsu kita agar tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama.

Mari, kita tengok sebentar, dalam kitab Ihya’ Ulumiddin, Imam Al-Ghazali berkata :


Sesuai dengan judul yang saya tuliskan di atas, saya mencoba berbicara tentang menggunjing. Mengapa hanya menggunjing? Menggunjing adalah sesuatu hal sepele yang sering kita lakukan tanpa kita sadari. Dan ini sangat berbahaya, apalagi kalau kita melakukannya di bulan Ramadhan, karena bisa berakibat membatalkan hakikat puasa, atau bisa diartikan juga mengurangi pahala puasa.

Menggunjing, dari segi bahasa berarti mengolok-olok atau membicarakan kejelekan seseorang kepada orang lain tanpa sepengetahuan orang tersebut. Bila diteruskan bisa juga berakibat fitnah, dan fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan. Cobalah ingat-ingat, saat kita bercengkrama, berbicara dengan teman, dengan keluarga, tanpa kita sadari, pembicaraan itu mengarah kepada membicarakan orang lain. Biasanya, yang namanya membicarakan orang lain, itu lebih banyak membicarakan buruknya dari pada baiknya. Ini wajar, karena kita manusia termasuk makhluk yang sosial, makhluk yang tidak bisa hidup sendiri, harus mengandalkan bantuan orang lain. Padahal di satu sisi, hati tiap orang itu berbeda, perasaan juga tidak sama. Kadang kita cocok dengan seseorang, belum tentu orang lain cocok dengan seseorang itu. Nah, dari sinilah awal timbulnya menggunjing.

Bahkan dalam Alquran Surat Al Hujurat ayat 12, (bisa dibaca pada kaligrafi di awal postingan) secara tegas disebutkan
Hmmm… merinding membaca ayat di atas, apakah kita sanggup memakan daging saudara kita yang sudah mati? Itu perumpamaan bagi orang yang suka menggunjing orang lain.

Kemudian, dalam dunia modern seperti sekarang ini, menggunjing tidak hanya dilakukan dengan berbicara. Bahkan menulispun bisa dikategorikan menggunjing. Dewasa ini, semakin marak yang namanya “online” baik itu online situs jejaring sosial, instant messenger maupun blogging. Semua media online tersebut sangat riskan akan tulisan-tulisan yang bisa berakibat menjelekkan seseorang yang lain, sehingga seseorang yang dijelekkan itu akan marah bila membaca tulisan tersebut. Kenapa dia marah? karena belum tentu orang yang dijelekkan itu benar-benar jelek.

Mari, kita introspeksi diri, terutama di bulan Ramadhan ini, semoga kita semua diberi kekuatan untuk menjalankan ibadah puasa, tentunya juga dijauhkan dari hal-hal yang bisa merusak pahala puasa, termasuk menggunjing.

Sebagai seorang blogger, saya mengajak teman-teman blogger semuanya, mari kita menulis sesuatu yang bisa mendatangkan manfaat bagi pembacanya. Hindari tulisan yang bisa menyinggung seseorang atau suatu kaum atau bahkan suatu bangsa. Dan, bila anda serius ingin terjun ke dunia maya, tentunya anda bisa menggunakan blog dengan domain sendiri, hal ini secara tidak langsung akan menaikkan image anda, dan menunjukkan keseriusan anda dalam terjun ke dunia maya. Karena itu, bila anda ingin mendapatkan domain sendiri, silahkan kunjungi dijaminmurah.com karena dijaminmurah.com menyediakan beragam paket yang menarik seputar registrasi hosting dan domain. beragam paket tersebut antara lain paket standard, paket hosting free domain, paket blogger dan masih banyak lagi. Oh ya, tulisan ini juga disertakan dalam lomba blog dijaminmurah.com 2009. Silahkan klik banner di bawah ini untuk berpartisipasi dalam lomba blog dijaminmurah.com.

Share on Google Plus

About Muhammad Sholikhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

23 comments:

  1. makasih sob...atas pencerahannya.. :)

    ReplyDelete
  2. makasih infonya ya kak.. jadi makin semangat menjalankan ibadah Puasa lebih khusuk :)

    semangat terus ya kak
    Sharing Tips

    ReplyDelete
  3. wuidihhhh
    blogger skr emang keren2
    udah blognya keren
    postinganya keren
    alexanya keren
    orgnya pasti keren
    hihihhi

    ReplyDelete
  4. artikel yang bagus sungguh sangat bermanfaat banget...artikel yang tepat di bulan ini.thaks sobat

    ReplyDelete
  5. atart earning money now join for freeeeeeeee

    ReplyDelete
  6. :D hayo sapa yang sering menggunjing segera perbaiki diri dan jaga hati...

    walau kadang susah ya harus dicoba Ramadhan emang keren !!!

    ReplyDelete
  7. makanya jgn suka ngomongn org d bulan puasa ....

    ReplyDelete
  8. setuju bang
    puasa mending diem aja ya
    tidur sebanayak2 nya
    iihihih

    ReplyDelete
  9. @ for all, makasih yang udah baca dan komentar... yup, selalu hindari menggunjing, hindari hal hal yang membatalkan puasa..tapi, kalo bisa.. jangan banyak tidur..hehe mending buat dzikir...
    :)

    ReplyDelete
  10. Hallo..Thursday happy for you..visit me please

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah udah cerah nich....

    ReplyDelete
  12. wadoh Gua Sering nich, Pengen TObat :-/ :-/ :-/ :-/ :-/

    ReplyDelete
  13. Apa Kbar Kang.... dah Lama g maeN ksni jDi KangEn ma Postingan nya...

    ReplyDelete
  14. Good Posting mas...Oiya boleh tukeran link mas?

    ReplyDelete
  15. terima kasih atas pencerahannya, mas. menggunjing orang seringkali kebablasen dan tak disadari sering berubah jadi fitnah. hmm ... semoga kita bisa menghindarinya, tak hanya sebatas di bulan ramadhan, tapi juga di bulan2 berikutnya.

    ReplyDelete
  16. saat ini pak ustatdz aja tidak terbebas dari gunjingan apalagi saya yang merupakan makhluk terseksi ...

    ReplyDelete
  17. wah...berarti artis2 top kita pada ga bener tuh,,,,masak tiap hari kerjaannya cm menggunjing, buka aib artis lain,,,dah gto bayaranna gede pula

    ReplyDelete
  18. semoga menaggg!!! hehhe,,,kyknya santri bgt neh^*

    ReplyDelete
  19. makasih info nya ya sob...

    ReplyDelete
  20. ulasannya mantab dan mencerahkan, mas. semoga selama ramadhan dan bulan2 berikutnya, kita tdk memiliki budaya mempergunjingkan aib orang lain.

    ReplyDelete