Aku, diantara XL dan Blogger se-Indonesia

Sabtu pagi, ketika sang mentari masih malu menunjukkan wajahnya, kuterbangun... kulihat lingkaran merah di kalender kusam di dinding kamarku. "oh, hari ini, 7 agustus 2010 ada kopdar blogger" bisikku kepada diri sendiri. Setelah aktifitas belakang selesai, tepat pukul 9 pagi dengan motor tuaku ku beranjak melaju ke Hotel Gumaya, tempat berlangsungnya kopdar hari itu. Tak lupa kusempatkan mampir di warung langganan untuk sekedar nyeruput teh anget dan keripik tempe kesukaanku. Jarak kosku yang di daerah sampangan tidak terlalu jauh dengan lokasi, hingga tepat jam 9.30 pagi aku sudah sampai di depan Hotel Gumaya, salah satu hotel termegah di kota ini.

Sendirian, kuberanikan diri masuk ke dalam lobby hotel, dari jauh terlihat beberapa orang (sepertinya panitia) menggunakan kaos putih bertuliskan logo XL. Ah, itu pasti tempatnya , pikirku. "Maaf Mbak, tempat kumpul blogger mana ya?" tanyaku kepada mbaknya yang berambut lurus. "Oh, langsung naik aja Mas!" jawabnya singkat. Sesampai di atas, sungguh luarrrr biasa!! tak seperti yang kubayangkan sebelumnya, ratusan orang berkaos putih lengan biru tua bergaris orange dan bertuliskan XL Network Rally telah memadati ruangan.

"Mari mas, silahkan diisi dulu daftar hadirnya!" perkataan itu seakan membuyarkan lamunanku. Akupun bergegas menuliskan identitas diri pada lembar yang telah disediakan, dengan disertai senyuman, salah satu panitia memberikan sebuah kaos kepadaku. Hm.. ini kaos branding dengan bahan terbaik yang pernah aku dapat, gumanku dalam hati. Saking bangganya, serta merta aku menuju ke kamar mandi untuk sekedar memakai kaos yang spesial itu. Seperti peserta yang lain, akupun mencicipi suguhan hangat ala hotel, teh panas pun kutuangkan dalam cangkir putih, tak lupa kuberi gula. Namun, belum habis teh di genggaman, MC sudah berkomando untuk memulai acara. Yach, sayang ya.. akhirnya kuletakkan cangkir itu demi mengikuti acara dari awal, hmm.. tempat duduk lumayan penuh.. ah.. gabung-gabung ah.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan pengenalan Program XL Network Rally. "XL Net Rally adalah program pengetesan kesiapan jaringan XL (XL Network Drive Test) dalam rangka menyambut Ramadan & Lebaran. Kegiatan dilakukan secara serentak di 14 kota/wilayah di Indonesia diantaranya di Medan, Pekanbaru, Banjarmasin, Ujung Pandang, Bali & Lombok serta 8 kota untuk rute utama yaitu Lampung-Jakarta-Semarang, Bandung-Semarang, Jogja-Solo-Semarang, serta Malang-Surabaya-Semarang. " begitulah kiranya awal kata yang disampaikan oleh Pihak XL., kalo tidak salah, namanya Pak Bambang. Kemudian acara dilanjutkan dengan laporan hasil XL Network Drive Test yang sangat gamblang disampaikan oleh Bapak Robert selaku GM Network XL. "Ibarat raport siswa, XL hanya sedikit nilai merahnya... !" kelakar MC yang disambut tepuk tangan peserta.

Tak hanya sebatas presentasi, pihak XL membuka tanya jawab terbuka. Dengan dibantu Mbak Ira sebagai moderator, tanya jawabpun semakin hidup. Dan sungguh luar bisa, semua pertanyaan dijawab dengan gamblang, detail dan kalo aku boleh bilang, nyaris sempurna, benar-benar XL sangat profesional. Ohya, ada yang lupa, XL juga membagikan doorprize berupa BB Gemini dan modem buat peserta yang beruntung. Lagi-lagi, untuk urusan seperti ini, aku belum pernah beruntung.. hik..hik..hik.

Tiada terasa, waktu telah menunjukkan pukul 11.10 siang, acara sesi pertama pun ditutup dengan foto bersama, baik dari pihak XL, Media maupun seluruh blogger dari penjuru negeri yang hadir di acara itu. Tibalah acara sesi ke-dua yang dipandu oleh Mr. Danindra, dia adalah seorang anggota dari loenpia.net yang kebetulan tempat tinggalnya satu daerah dengan tempatku. Itupun baru aku tahu saat acara di hari itu, yach.. itulah salah satu keuntungan dari pesta blogger, bisa menambah teman, memperpanjang tali silaturahmi.

Pada sesi ke-dua ini, dipenuhi dengan sharing antar komunitas. Sungguh tak kuduga sebelumnya.. ternyata banyak sekali komunitas online di negeri ini, yang terus eksis, berkarya dan berbakti untuk negeri sesuai kapasitasnya sebagai onliner. Diawali dengan naiknya Mr. Munif ke atas panggung, Mr. Munif selain berkiprah di dunia media, beliau juga pemegang akun Facebook Semarang(ku) yang beranggotakan belasan ribu member.. waww.. , beliau pun tak canggung berbagi cerita tentang awal didirikannya akun facebook tersebut. Kemudian silih berganti masing-masing perwakilan dari onliner se-Indonesia mulai unjuk gigi, sharing dan berbagi cerita dengan sesekali diiringi tepuk tangan para peserta. Ada blogger dari Lampung (Seruit), Jakarta (Kopdar Jakarta), Bandung (Bandung Blog Village), Depok (deBlogger), Surabaya, (Tugupahalawan), Sragen (Komunitas blogger Sragen), Jogjakarta (JogTUG, Cah Andong), Malang (Ngalam) dan mungkin masih ada lagi yang belum disebutkan.

Tak kalah pula onliner dari tuan rumah semarang sendiri, ada Loenpia.net, Dot Semarang, RoTIFresh, Facebook Semarang(ku), SamTUG, Internet Club, DOS Community, Nasikucing.com, Visit Semarang, ada juga dari UNDIP. Dan... ada juga diriku di sana, diantara XL dan ratusan blogger se-Indonesia, yach.. aku datang sendiri, tanpa mewakili blogger manapun. Namun, sungguh kebanggaan bagi diriku bisa bergabung dalam kemeriahan ajang silaturahmi XL dan bloggers ini.

Rangkaian acara terakhir, menghadirkan sang guest star ndoro kakung yang dengan gaya jenakanya berbagi informasi dan sharing seputar kegiatan ngeblognya. Dengan didampingi Mbak Rara selaku penggawa Pesta Blogger 2010, ndoro kakung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bertubi-tubi dari peserta. "Ndoro, mau tanya nih, sekali-kali acara Pesta Blogger kalo bisa diadakan di luar jawa, seperti di tempat saya ini lho, kok selama ini Pesta Blogger identik dengan Jawa..!!" itu salah satu pertanyaan yang cukup tajam dari blogger lampung. Tapi, bukan ndorokakung kalo nggak bisa ngejawab pertanyaan itu. Masih dengan gaya khasnya, ndoro kakung pun berkelakar "Lha, mbok njenengan saja yang menyelenggarakan Pesta Blogger di Lampung, nanti ngundang saya, pasti saya akan datang ke sana, bisa sekalian jalan-jalan". Peserta pun dibuat bertepuk histeris menanggapi pernyataan ndoro kakung yang diamini oleh Mbak Rara.

Yach, satu hal yang terbesit dalam benakku saat itu, seorang ndoro kakung yang begitu santai, begitu enjoy menjalani aktifitas ngeblog, hingga beliaupun menegaskan

"ngeblog itu ya sesempatnya, hari ini gak sempat ngeblog,
ya ngetwit aja, kalo masih gak sempat ya maenan fesbuk aja,
kalo masih gak sempat lagi, ya.. tidur saja,
ngeblog itu jangan dibuat serius,
lha wong kita hidup aja sudah serius..
masak ngeblog masih pake serius..!!"

Hemmm.. sungguh pernyataan yang terkesan "nyantai", tapi sesungguhnya mencakup berbagai makna. Mungkin dari pernyataan ini bisa ditarik sebuah pertanyaan, sesibuk apakah kita tiap hari? tak adakah sedikit waktu bagi kita untuk sekedar menulis? untuk sekedar ngeblog? tentunya, sebagai blogger, kita pasti bisa menyisihkan waktu untuk sekedar berbagi melalui media blog.

Begitulah kiranya, kemeriahan acara yang bisa kutangkap, dalam sehari, aku telah banyak belajar, mengenai berbagi ilmu, pengalaman dan yang terpenting lagi adalah silaturahmi. Sepercik harapan, semoga para bloggers bisa terus tetap eksis dalam berbagi, karena ilmu itu tak akan ada habisnya walaupun dibagi-bagikan ke siapa saja. Kepada XL, semoga terus bisa memberikan pelayanan yang baik bagi penggunanya, terutama para bloggers.

Setelah acara ditutup, tiba saatnya para bloggers beramah tamah sambil menyantap hidangan yang boleh dibilang unlimited, karena masih ada terus, nambah berapapun kok ya masih ada ya.. hmmm. Sungguh hari yang luar biasa bagiku, selesai beramah tamah, bertukar sapa, saling kenalan sesama bloggers, akupun beranjak pergi, untuk kembali ke rutinitas selanjutnya. "Terimakasih, dan sampai ketemu lagi di lain kesempatan" itulah kiranya kata yang pantas kuucapkan untuk semua bloggers yang hadir.

Berikut, sekilas kemeriahan acara ajang silaturahmi XL dan bloggers


Share on Google Plus

About Muhammad Sholikhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

28 comments:

  1. hehehehe mantap sob..hidup adalah pilihan sob..lam knl ya..ane blog amatir

    ReplyDelete
  2. @ cak nun. lam kenal juga
    @ Richard's lam kenal balik
    @ Serba serbi..haha... thx

    ReplyDelete
  3. jadi iri gw gan... acara XL kayak ginian kapan di adain di Palembang ya.. wa kn mo ikutan jg.. hiks..hiks.. :| btw sekalian tukeran FOLLOW ya..ditungu kbr baliknya :)

    ReplyDelete
  4. wah , acara menarik nii ..

    ReplyDelete
  5. salam kenal sob jangan lupa mampir salam bonek

    ReplyDelete
  6. @ om canel : thanks
    @ andi wong : hehe.. ikutan aja PB 2010..
    @ velshadow : betul btul btul
    @ khidir : lam kenal balek

    ReplyDelete
  7. waw...rangkaian kegiatan panjang yang menyenangkan ya...banyak manfaat dan pengalaman yang didapat tentunya
    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  8. Wah kumpul para penggemar XL ea, pengen itut iwk

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. wah.... pada like XL semua yaa.. saya juga lah.. tapi saya pakai Smart.. hehehe..

    ReplyDelete
  11. @ bunglon : betul..
    @ PIK : monggo kalo ada lagi bisa ikutan
    @ Manga : bagus bangggett malah
    @ nur : lho..kok komentarnya kosong
    @ alex : hehehhee... xl manteb abis lho

    ReplyDelete
  12. Meriah ya acaranya. Bisa lebih akrab dengan para blogger yang selama ini hanya silaturahim lewat dunia maya. Selamat

    Salam ukhuwah

    ReplyDelete
  13. wah blognya rame buanget......

    ReplyDelete
  14. Wah acara pestanya pasti sangat seru sekali, jadi gak bisa bayangin,
    dan tentunya sangat meriah, karena juga ada dorprisenya juga. sayang sekali tapi gak dapat hehe..
    posnya panjang banget..
    Bali Villas Bali Villa

    ReplyDelete
  15. im coming
    hehe

    wlehh dah banyak yg komen kirain yg pertama
    hehe

    memang tulisannya keren abis..heheh
    jadi malu

    ReplyDelete
  16. @ BeDa : salam ukhuwah juga
    @ aufal : rame karena ada kamu di sini..hehe
    @ bali : betul.. seru sekali
    @ asmarie : welcome di gubug reotku mr.asmarie.. hehe

    ReplyDelete
  17. wah kapan bisa kyk gini ya...tapi ane nyubie....

    ReplyDelete
  18. @ my spyware.. semua jg berawal dari nyubie..hehe
    @ anto.. thanks gan.. :)

    ReplyDelete
  19. hehehe sampai ketemu di acara puncak PB2010, oktober nanti ya ^_^V
    blogging itu ga perlu dijadikan beban :)

    ReplyDelete
  20. wah, ada Mbak Rara ikutan komen.. thanks ya Mbak.. (*tersanjung nih, hehe)
    Moga aja diberi kesempatan untuk ikutan PB 2010..
    salam bloggers

    ReplyDelete
  21. asiktuh kumpul-kumpul bareng bloger......hehehehe pazti acaranya asik-asik tuh.......salam kenal ya

    Bali Villa Bali Villas

    ReplyDelete
  22. Nice Post Gan....
    Izin Menanam Jagung ya Gan.

    Download Mp3 Terbaru http://promp3.wapka.mobi

    ReplyDelete