Cara gampang Membuat teks 3dimensi dengan 3dsMax

Halo semuanya, thanks masih setia ngikutin blog aku, hehe. Mari kita belajar membuat tulisan 3 dimensi dengan menggunakan software Autodesk 3dsMax. Sebelumnya, mungkin bagi pemula, ketika mendengar nama 3dsMax biasanya muncul kesan, "wah, software sulit nih, ato... ehm, ini software untuk yg dah mahir aja kayaknya". Hal itu wajar, karena di tiap perkuliahan grafis pun, sofware 3d biasanya baru didapet pada semester-semester lanjut. Tapi, kalo boleh aku bilang, kenapa takut ma 3dsMax..!! para ahli 3d pun dulunya juga gak bisa, iya kan?. Yang dibutuhkan pertama dalam belajar 3d adalah penalaran, kita harus bisa membayangkan suatu bentuk dari tampak atas (top), samping kanan (right), kiri (left) dan tampak prespektif (prespective). Memang sih, kalo mau belajar sampe tingkat mahir, butuh waktu yang tidak sedikit, tapi apa salahnya mencoba...
Ehm, mari kita mulai dari yang mudah dulu ya.. hehe

Silahkan buka software 3dsMax anda dan perhatikan, ada 4 bidang kerja di sana, secara defaut, yaitu terdiri dari tampak atas (top) , tampak depan (front), tampak kiri (left),dan prespektif (prespektive), anda bisa lihat tulisan kecil di pojok kiri atas tiap bidang kerja

Kemudian untuk membuat teks, klik pada toolbar shapes lalu pilih kotak text lalu tulis teks di kotak bagian bawah (lihat gambar). Jangan lupa atur jenis font dan ukurannya.

Setelah anda megetik teks dan mengatur nya, klik saja pada bidang kerja tampak depan (front), lalu posisikan teks hingga dapat dilihat seperti ini

Klik pada toolbar modify (lihat gambar) lalu perhatikan pada modifier list

Klik panah kecil di modifier list kemudian pilih extrude

Setelah anda pilih extrude, lihat pada parameter di bawahnya, ubah nilah amount menjadi 20 (semakin tinggi nilainya, maka akan semakin tebal teksnya). Nah, setelah anda rubah, maka dapat dilihat hasilnya di tampak prespektive


gbr7

Tambahkan lantai (plane) dibawah tulisan, caranya, pada toolbar geometri, pilih standart primitives lalu klik plane, buat dengan cara klik dan drag di bidang kerja tampak atas (top), aturlah agar posisi plane berada di bawah tulisan (bisa dilihat pada tampak depan)


plane

Nah, agar sudut pandang tampilan enak dilihat, tambahkan efect kamera. Klik aja toolbar kamera di bagian kanan atas (lihat gambar) lalu klik target, kemudian klik dan drag pada tampak atas (top) untuk membuat kamera

gbr8

Rubahlah bidang kerja tampak prespektive menjadi preview kamera, caranya klik kanan pada tulisan prespektive, lalu pilih view -> camera01

gbr9

Dengan menggunakan toolbar mooving (berada di atas, lihat gambar), geser-geserlah posisi kamera di bidang kerja tampak atas dan kiri sesuai selera anda, lihat perubahannya pada tampak preview camera.

Sekarang, kita akan membuat efect lampu, pilih toolbar light di kanan atas(lihat gambar), lalu pilih target spot

gbr11

klik dan drag pada bidang kerja tampak kiri (left), kira-kira seperti gambar

gbr13

Seleksi lampu, pilih modify, perhatikan general parameter, centang tanda shadows, dan rubahlah angka hotspot dan falloff pada spootlight parameter (lihat gambar)

gbr14

Nah, sekarang kita akan memberi tekstur atau dalam 3dxMax disebut material, klik menu rendering, pilih material editor, kemudian muncul kotak material editor

Kita akan membuat material pertama, untuk memberi tekstur pada tulisan, silahkan klik salah satu lingkaran material, lalu klik kiri pada kotak kecil disamping diffuse (lihat gambar), pilih bitmap dan browse gambar yang ada di hardisk anda.

seleksi teks, juga material yang sudah kita buat tadi, lalu klik pada assign material to selection, lalu klik gambar kubus di sebelah kanannya untuk melihat previewnya.

Kemudian untuk membuat material yang kedua, ada perbedaan sedikit, karena kita akan membuat material pada lantai (plane) dengan efect pantulan kaca. Klik pada kotak standard, lalu pilih raytrace

gbr18

Kemudian seperti pada material pertama, klik kotak kecil di samping diffuse, pilih bitmap, dan cari file gambar anda, lalu klik plane di bidang kerja, dan klik juga assign material to selection

Untuk memberikan efect bayangan, pada material kedua, klik warna hitam di kotak reflect (lihat gambar) lalu muncul kotak color selector, turunkan panah warna dari hitam menjadi agak abu-abu, (lihat gambar)

Sekarang, untuk menunjang penerangan, klik lagi toolbar lights, pilih omni, lalu di bidang kerja tampak kiri (left) klik aja untuk membuat lampu, letaknya kira-kira di atas teks, tapi agak ke depan (lihat gambar)

gbr21

Nah, setelah dirasa cukup pengaturannya, kita akan mencoba render. Cari menu rendering, lalu klik render, anda juga bisa dengan menekan F10 pada keyboard

Perhatikan, untuk render gambar mati alias tanpa animasi berjalan, klik time output pada posisi single, lalu pilih output size, misal 640x480, pada render output klik files untuk menentukan tempat penyimpanan hasil render, jangan lupa pilih ekstensi jpg untuk gambar mati. terakhir,klik render.

Maka, gambar anda akan menjadi seperti ini

Setelah jadi, anda bisa mengubah ukuran file jpg hasil render di adobe potoshop, sesuai kegunaannya.
Nah, sudah selesai, mudah kan... Silahkan download template gratisnya di sini, dan selamat mencoba...!!
Ohya, bila anda mengalami kesulitan dalam mengikuti tahap-demi tahapan, silahkan tulis di komentar, sebisa mungkin saya akan bantu anda, 
Share on Google Plus

About Muhammad Sholikhan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

20 comments:

  1. saya kesulitan nich.... bantu lewat telpon dong.... :D kesulitannya blm ada waktu buat praktek, lagi banyak kerjaan sama orderan. =))

    ReplyDelete
  2. wah thx berat inponya sob.... aku juga sering pakai 3Dmax..

    ReplyDelete
  3. ahhh langsung praktek ahh... thnx sob..

    ReplyDelete
  4. lum pny aplikasinya siy tp bolehlah u/ referensi.. aq bungkusss postingannya friend :X

    ReplyDelete
  5. top banget pelajarannya, praktekin ahhh...

    ReplyDelete
  6. ems berkata
    @ all, thanks dah pada comment,
    @ mr-mung,saya tahu,anda memang orang yg super sibuk,hehe maybe laen kali tutorialnya mo tak bentuk file video aja, tinggal download, ok
    @ maya, kalo blm punya 3dsmax bisa download versi trial di http://www.brothersoft.com/3ds-max-66107.html ato di http://www.softpedia.com/progDownload/3D-Studio-Max-Download-15976.html

    @ nimala ma nath, dah jadi blom prakteknya?hehe kalo masih kesulitan bisa comment lagi ke sini or nanya ke @ 3ndur0 jg gakpapa, beliau jg jago banget 3dsMax nya
    :D

    ReplyDelete
  7. mantep bener.. pengen nyoba tapi softwarenya aja gak punya..hehe

    ReplyDelete
  8. softwarenya pengen punya nih biar bisa bikin gituan..hehe

    ReplyDelete
  9. waa....keren nih
    salam kenal & makasih tutorialnya :D

    ReplyDelete
  10. Dari dulu pengin belajar 3DsMax belum bisa2, kenapa ya?
    Bagusnya tutorialnya dibikin format video gitu lo? Jadi nggak njlimet ...
    Thanx alot

    ReplyDelete
  11. semoga tambah umur,tambah manthab ya sob
    Salam


    yoyok

    ReplyDelete
  12. Nice tutorial. very usefull for the beginner ....Good job !

    ReplyDelete
  13. Dulu aq prnah kursus desain grafis, trus dapet juga materi 3dsmax, tapi sekarang lupa-lupa ingat.. hehehe....
    btw bang ems kalo bikin proyek kayak gini, ada plugin khusus gk? kayak sotoshop gitu?

    ReplyDelete
  14. Thank's for your tutorial. it's a first time for me to learn about 3d max. I think it is rather complex to cover all the material in 3 days. It's not like corel or photoshop...althought those programme create the familliar result in design.

    thak's anyway..

    ReplyDelete
  15. bang, kalau mo bikin logo video muter, tapi dari sumber jpeg kayak Perdana Record dll itu make apa ya?

    ReplyDelete
  16. kok gambarnya cuma setengah???
    jadinya saya kurang paham :(

    ReplyDelete
  17. full dengan gambarnya kalau biasa mas

    ReplyDelete
  18. kok gambarnya cuma setengah???
    jadinya saya kurang paham nying:(

    ReplyDelete